Menjelajahi Sel



Sel adalah bagian paling kecil pada makhluk hidup. Semua sel memiliki 3 persamaan, tak peduli jenis sel apapun. semua sel mempunyai:

1. Membran sel yang memisahkan bagian dalam sel dari lingkungannya.


2. Sitoplasma merupakan cairan seperti jeli


3. DNA merupakan materi genetik 





Terdapat dua kategori umum sel
1. Eukariotik 
Sel ini memiliki organel termasuk nukleus dan bagian istimewa lainnya, sel ini juga lebih canggih dan lebih kompleks seperti yang ditemukan pada hewan dan tumbuhan

2. 


2. Prokariotik 
Sel ini tidak memiliki nukleus dan membran inti. sel ini mempunyai materi genetik (DNA) tapi tidak tersimpan dalam nukleus. Prokariotik sel selalu berupa 1 sel/uniselular seperti bakteria.




Mari kita bahas sel eukariotik
1. Nukleus (Pusat kontrol sel)
Nukleus mengandung DNA (materi genetik), DNA mendikte hal yang harus dilakukan sel dan bagaimana sel akan melakukannya. Di dalam nukleus juga terdapat kromatin yaitu benang benang kusut/tidak beraturan dari DNA dan ditemukan di dalam mebran nukleus. Di dalam nukleus terdapat nukleolus yang merupakan tempat pembuatan ribosom. Jadi, tugas nukleus yang terpenting adalah membuat/mensistesis protein.

2. Ribosom
Di luar nukleus, ribosom dan organel lainnya melayang di daerah sitoplasma yang merupakan cairan seperti jeli. Ribosom melayang dengan  bebas di sitoplasma atau pada retikulum endoplasma atau disingkat RE.



3. Retikulum endoplasma
Terdapat dua tipe RE: RE kasar mempunyai ribosom yang melekat padanya, dan RE halus tidak terdapat ribosom. Retikulum endoplasma (RE) adalah membran untuk mentransportasikan material seperti protein yang disintesis oleh ribososm. Protein dan materi lainnya muncul dari Retikulum endoplasma berupa gelembung kecil.

4. Badan Golgi
Dimana badan golgi yang akan menerimanya. Saat protein berpindah ke badan golgi, mereka dirubah menjadi bentuk yang dapat digunakan sel (badan golgi melakukan ini dengan melipat-lipat protein) menjadi bentuk yang dapat digunakan sel, atau menambahkan material tambahan seperti lemak dan karbohidrat.

5. Vakuola
Vakuola adalah kantung yang menyimpan berbagai macam material, di dalam tumbuhan, vakuola adalah pusat penyimpanan air. 

6. Lisosom
Lisosom memiliki tugas mengumpulkan sampah hasil kerusakan sel serta mengobatinya. Lisosom dipenuhi oleh enzim yang memecah puing-puing sel yang rusak.



7. Mitokondria 
mitokondria adalah sumber/rumah energi untuk sel tumbuhan/hewan. Saat proses respirasi, mitokondria membuat molekul ATP yang menyediakan energi untuk semua aktivitas sel. sel yang membutuhkan lebih banayak energi, mempunyai lebih banayak mitokondria.

8. Kloroplas
Beberapa makhluk hidup seperti tumbuhan (fotopris) yang menangkap cahaya untuk energi. Sel tanaman memiliki sebuah organel  bernama kloroplas. Kloroplas adalah tempat fotosisntesis terjadi. Kloroplas berwarna hijau karena mempunyai pigmen  bernama klorofil.


9. Dinding sel
Sel tumbuhan juga mempunyai dinding sel diluar membran sel mereka, hal ini membedakannya dengan sel hewan. Dinding sel membentuk, menyokong dan melindungi sel tumbuhan


10. Silia
struktur unik lainnya yang hanya dimiliki oleh beberapa sel, salah satu contohnya ada pada manusia. Pada saluran pernapasan manusia terdapat sel dengan silia. Silia merupakan rambut yang bergerak dan bergelombang secara mikroskopik, sifat ini membantu menangkap dan menghirup partikel udara dan mengeluarkannya lewat batuk.
Sifat unik pada sel lainnya adalah flagella. Beberapa bakteri mempunyai flagella, sebuah flagelum berbentuk seperti ekor kecil yang membantu sel bergerak. Satu-satunya sel manusia yang mempunyai flagella adalah sel sperma. 



thnks for your nice attention:) 
untuk lebih jelasnya, kalian bisa menjelajahi sel lewat video animasi berikut:








Previous
Next Post »