Sel prokariotik Vs Sel Eukariotik




Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik
Pernahkah kamu membayangkan apa  yang menyusun tubuh kita? Manusia dan organisme lainnya memiliki tubuh yang tersusun dari beberapa sistem organ yang bekerja secata sistematis. Suatu organ tersusun dari beberapa jaringan. Jaringan sendiri tersusun dari kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama. Kali ini edubiologi akan membahas mengenai pengertian dan juga perbedaan sel eukariotik dan prokariotik. Jadi komponen terkecil dari suatu organisme adalah sel. Karena berukuran mikroskopis, kita tidak bisa mengamati sel hanya dengan mata telanjang, melainkan harus dibantu menggunakan mikroskop.
Sel berasal dari kata cellula yang berarti ruang kecil. Sel merupakan struktur terendah yang mampu melakukan semua aktivitas kehidupan. Ilmuan pertama yang mengemukakan keberadaan sel adalah Robert Hooke pada tahun 1664. Kemudian banyak ilmuan yang meneliti keberadaan sel sehingga muncul berbagai macam teori sel seperti yang kita pelajari sejak duduk dibangku sekolah menengah.
Sel sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sel prokariotik dan eukariotik. Pembeda dari kedua jenis sel tersebut adalah organisasi strukturalnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
1.     SEL PROKARIOTIK
Kata prokariotik berasal bahasa yunani, yaitu dari kata pro yang berarti sebelum dan karyon yang berarti inti. Jadi sel prokariotik bisa diartikan sebagai sel yang belum memiliki inti sel atau nukleus sehingga mater genetik yang ada pada sel tersebut tidak dipisahkan oleh membran inti. Materi genetik pada sel prokariotik berpusat pada satu titik bernama nukleoid yang hanya ada pada prokariotik. DNA atau materi genetik yang ada pada sel prokaiotik berbentuk sirkuler atau biasa disebut dengan plasmid. Sel prokariotik juga memiliki organel sel seperti ribosom, membran plasma dan dinding sel.

Sel prokariotik juga tidak memiliki organel sitoplasmik seperti yang dimiliki oleh sel eukariotik. Namun sebagian besar sel prokariotik memiliki dinding sel yang sanagt kuat. Sebagian sel prokariotik juga memiliki filia dan flagela. Jadi sel prokariotik merupakan jenis sel yang masih sangat sederhana dan biasanya terdapat pada organisme uniseluler (bersel tunggal) seperti bakteri, paramecium, ganggang dan sebagainya.
2.     SEL EUKARIOTIK
Kata eukariotik terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu eu yang memiliki arti sebenarnya dan karyon yang berarti inti. Sel eukariotik bisa diartikan sebagai sel yang sudah memiliki nukleus yang dibungkus oleh membran inti dan didalamnya berisi materi genetik (DNA). Pada bagian diluar nukleus terdapat cairan bernama sitosol dan organel-organel sel lainnya seperti ribosom, retikulum endoplasma, aparatus golgi dan lain-lain. Jika dilihat dari strukturnya, sel eukariotik jauh lebih kompleks dibandingkan sel prokariotik karena susunanya terbagi oleh membran internal yang membentuk ruangan fungsional atau organel yang berbeda.

Pada sel eukariotik, DNA tersusun bersama-sama dengan beberapa jenis protein tertentu menjadi struktur yang disebut dengan kromosom yang terdapat didalam nukleus, organel terbesar pada sel eukariotik.
PERBEDAAN SEL PROKARIOTIK DAN EUKARIOTIK

Untuk mempermudah dalam memahami perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, kamu bisa simak tabel berikut ini.
STRUKTUR
SEL PROKARIOTIK
SEK EUKARIOTIK
Dinding Sel
Kompleks, tersusun atas peptidoglikan dan unsur lain
Susunannya lebih simpel
Membran Inti
Tidak ada
Ada
Membran Plastida
Tidak ada
Ada
Plastida
Tidak ada
Sebagian ada
Letak Materi Genetik (DNA)
Nukleoid
Dalam nukleus
Mitokondria
Tidak ada
Ada
Sitoskeleton/ Aliran sitoplasma
Tidak ada
Ada
Aparatus Golgi
Tidak ada
Ada
Histon
Tidak ada
Ada
Ribosom
Ada, Berukuran lebih kecil
Ada, Berukuran lebih besar
Susunan Kromosom
Tunggal dan sirkuler
Multipel linier dan ganda
Reproduksi
Konjugasi (transfer fragmen DNA)
Meiosis
Organel
Tidak ada
Ada (RE, golgi, lisosom dsb)
(Campbell et al., 2000)
Itulah tadi perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Kesimpulannya adalah sel prokariotik dimiliki oleh organisme tingkat rendah seperti bakteri dan ganggang karena memiliki struktur yang sangat sederhana. Sedangkan sel eukariotik dimiliki oleh organisme yang tingkatannya lebih tinggi dari bakteri. Kedua jenis sel tersebut juga menjadi karakteristik penentu dalam pengelompokan organisme pada sistem klasifikasi.
Demikian artikel mengenai pengertian dan juga perbedaan sel eukariotik dan prokariotik. Semoga dapat menambah wawasanmu di bidang Biologi. Semoga bermanfaat ya guys.
Referensi:
Campbell, N.A., Reece, J.B. & Mitchell, L.G., 2000. Biologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.


Previous
Next Post »